Learning From Home dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19

Main Article Content

Rahmawati Rahmawati
Evita Muslima Isnanda Putri

Abstract

Covid 19 saat ini telah menyebar ke berbagai negara di dunia. WHO (World Health Organisation) telah menyatakan Covid 19 sebagai pandemi pada 11 Maret 2020. Pandemi Covid 19 telah mempengaruhi semua sistem pendidikan di seluruh jenjang pendidikan dasar sampai pergurun tinggi, termasuk Stikes Rajekwesi Bojonegoro. Proses pembelajaran peserta didik dalam kelas harus dirubah metodenya dengan learning from home. Persepsi mahasiswa perlu diukur sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan kualitas pelaksanaan learning from home sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi persepsi mahasiswa Stikes Rajekwesi Bojonegoro T.A 2019/2020 terhadap learning from home di era pandemi Covid-19. Desain penelitian adalah deskriptif dengan sampel mahasiswa Stikes Rajekwesi Bojonegoro T.A 2019/2020 berjumlah 200 orang yang diambil dengan Accidental Sampling. Data dikumpulkan melalui Google Form, dan dikonversikan dalam bentuk prosentase. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman materi perkuliahan 54.5% sulit memahami, kreativitas mahasiswa 50% kreatif, metode dan strategi pembelajaran 51.5% cukup sesuai, hubungan antara dosen dengan mahasiswa 46% kurang dekat, pelaksanaan tugas oleh mahasiswa 56.5% sulit dan lambat, dan 41% mahasiswa kurang aktif selama perkuliahan. Persepsi mahasiswa terkait learning from home masih kurang memuaskan. Perlu inovasi, komunikasi, dan strategi pelaksanaan learning from home yang lebih menyenangkan agar motivasi belajar mahasiswa bisa meningkat

Article Details

Section
Articles